sebetulnya ini resep yang tercipta secara kebetulan, tujuannya cuman untuk bekal sarapan *kedua* setelah berenang.
Jadi, kebetulan, tadi pagi anak saya ingin berenang. Kebetulan, ada teman yang juga member milis berencana membawa anaknya berenang untuk pertama kali… Jadilah kita menyusul dia berenang di tempat yang sama.
Kebetulan, anaknya ini masih alergi dengan susu sapi utuh tapi toleran terhadap produk turunannya (keju dan yogurt). Saya lantas berpikir, wah kalo mau share sarapan harus yang bisa dimakan anak teman saya dan enak buat anak saya plus keluarga…. Terinspirasi dengan masakan orang india dan turki yang sering menggunakan Yogurt untuk campuran masakan, lalu saya berpikir… Hey, ganti saja susu-nya dengan Yogurt. It won’t be bad…

Dan jadilah eksperimen di dapur, males ngeluarin oven jadi saya kukus saja. Alhamdulillah, ternyata bisa diterima dengan baik rasa-nya. Anaknya juga nggak ada gangguan apa-apa… Hehehhe…Jadi, inilah resepnya.

Bahan:
50gr pasta kering (saya pakai makaroni alfabet yang kuecil bentuknya dengan asumsi anak temen saya ini giginya belom lengkap,kalo pake makaroni biasa saya repot harus ngehancurin dulu supaya mengurangi kans tersedak potongan besar)
50 gr ayam cincang / daging cincang
50 gr sayuran pilihan
90 gr keju cheddar parut
100 ml yogurt plain
100 gr bawang bombay cincang
Butter untuk menumis secukupnya
Oregano, merica (u/ 12 bulan+ bisa di skip) secukupnya
Sirup Jagung (corn syrup, pengganti gula. Ada di supermarket. Untuk anak 12 bulan+, kurang dari itu bisa di skip saja)
2 Buah Telur ayam utuh (kuning putih)

Cara Membuat:
1. Rebus pasta dalam panci
2. Sambil menunggu pasta matang, tumis bawang bombay hingga harum, tambahkan oregano, merica dan daging/ayam cincang, aduk sebentar sampai agak matang, tambahkan sayurannya. angkat sebelum terlalu matang. Masukkan dalam mangkok besar.
3. setelah pasta juga mengembang, saring, masukkan dalam mangkok berisi tumisan tadi. Tambahkan parutan keju, yogurt. Aduk rata.
4. Panaskan dandang. Sementara menunggu panas, tambahkan telurnya dan sirup jagung jika dikehendaki (untuk anak 12bulan +). Hasilnya akan memberikan rasa yang gurih perpaduan dari keju dan sirup jagung yang manis tapi hambar (bingung ya? Rasa sirup jagung sebetulnya nggak manis banget…. Cuma seperti rasa jagung manis rebus aja)
5. Taruh adonan dalam cup-cup alumunium foil/wadah pyrex. masukkan dalam dandang, kukus 20 menit.

Jika ingin dipanggang pun bisa,lho! hasilnya akan lebih ‘kering’.

Hasil akhirnya nanti akan ada slightly sour sedikiiiiit… Tapi tetep enak. Kalo ragu, jangan langsung tuang semua yogurtnya. Sedikit-sedikit saja, jangan khawatir kurang cairan…masih ada cairan dari tumisan dan telurnya.

Selamat mencoba yaaa…! Jangan lupa share cerita dan hasilnya di bagian komentar🙂

Salam,

-depezahrial-

http://www.mamakukokihandal.com

http://www.mpasirumahan.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s